..:: Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Balikpapan ::..

Focus Group Discussion (FGD) in-Depth Study Visit Tim Konsultan JICA dan Bappenas

Tuesday - 18 Juli 2023 - Dibaca: 334 kali

Pada Hari Senin, 19 Juni 2023, Pemerintah Kota Balikpapan menerima kunjungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam rangka Pengumpulan Data terkait Pengembangan IKN dan Wilayah di Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan pengumpulan data ini dilakukan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang mengundang beberapa OPD teknis dan stakeholder terkait lainnya.

Tujuan dari kegiatan JICA ini adalah untuk menganalisa dampak dari pemindahan ibukota negara ke IKN terhadap kota-kota di sekitar IKN yang salah satunya adalah Kota Balikpapan dan untuk mempelajari konsep pengembangan "Tri-City" (IKN, Kota Balikpapan, dan Kota Samarinda) yang memaksimalkan sinergi terutama dari sudut pandang konektivitas dan pengembangan regional. Selain itu, tujuan lain yang diharapkan dari kegiatan ini adalah untuk mengusulkan kerja sama di masa yang akan datang dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), mempertimbangkan rekomendasi-rekomendasi terkait penanaman modal untuk menarik para investor, serta untuk membangun kerja sama antara pihak Indonesia dan Jepang dalam pengembangan Kawasan IKN dan Kota Balikpapan sebagai salah satu kota dalam "Tri-City".