..:: Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Balikpapan ::..

kunjungan kerja dan lapangan dalam rangka pelaksanaan Program Economic Innovation Partnership Program (EIPP) Fase 3

Tuesday - 18 Juli 2023 - Dibaca: 55 kali

Kamis 16 Maret 2023, Pemerintah Kota Balikpapan menerima kunjungan kerja dan lapangan dalam rangka pelaksanaan Program Economic Innovation Partnership Program (EIPP) Fase 3 yang merupakan bentuk kerjasama antara Kementerian PPN/Bappenas dengan Ministry of Economy and Finance (MOEF) Korea Selatan, Direktorat Keuangan Negara dan Analisis Moneter mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan tahun 2023 dengan tema “IKN Funding Plan Phase 3 – Planning of Smart City Investment for IKN”. Kerja sama ini telah memasuki fase ke-3 yang akan mencakup dukungan dalam perencanaan pembangunan, strategi pembangunan, kerja sama, dan keterhubungan dengan pembangunan regional, serta persiapan pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Superhub Ekonomi IKN. Perencanaan pembangunan yang disusun mencakup perencanaan pembangunan Kawasan Industri Kariangau yang menjadi bagian dari Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk IKN.Bentuk dukungan EIPP dilaksanakan melalui Proyek #4 yaitu penyusunan dokumen Pre-Feasibility Study Kawasan Industri Kariangau.


Bertempat di Aula Bappeda Litbang Kota Balikpapan kegiatan ini dibuka oleh Ibu Tari Lestari selaku Direktur Keuangan Negara dan Analisi Moneter Kementerian PPN/Bappenas selaku pimpinan rapat yang hadir beserta jajaran dan dilanjutkan oleh paparan Kepala DPMPTSP Kota Balikpapan. Adapun pihak-pihak yang hadir yakni pihak Perusahaan KPMG dari Korea Selatan, Perumda Tirta Manuntung Sukses serta beberapa perangkat daerah terkait skemudian dilanjutkan kunjungan lapangan ke daerah Kawasan Industri Kariangau. lalu di akhiri dengan acara FGD di tanggal 17 Maret 2023 yang dibuka oleh Bapak Leonardo A. A. Teguh Sambodo selaku Direktur Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian PPN/Bappenas yang sekaligus yang hadir secara daring