..:: Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Balikpapan ::..

Musrenbang Kota Balikpapan Tahun 2021

Tuesday - 06 April 2021 - Dibaca: 20 kali

Repost @humas.pemkot.balikpapan

Senin (29/3) telah dilaksanakan Musrenbang Kota Balikpapan Tahun 2021 di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan.

Hadir Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Wakil Ketua DPRD Prov. Kaltim Sigit Wibowo, SE, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, Unsur FKPD Balikpapan, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadli, Anggota DPRD Prov. Kaltim, Anggota DPRD Balikpapan, Pimpinan BUMN Kota Balikpapan, Tokoh Masyarakat dan Organisasi Masyarakat.

Musrenbang Kota Balikpapan tahun 2021 ini dalam rangka Penyusunan RKPD Tahun 2022 dengan tema “Pemulihan Ekonomi Masyarakat melalui Penguatan Sistem Kesehatan, Reformasi Birokrasi dan Infrastruktur". 

Wali Kota dalam sambutannya menjelaskan musrenbang ini adalah acara yang dilaksanakan setiap tahunnya, untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang ujungnya nanti RAPBD. Musrenbang kali ini sangat penting karena merupakan masa transisi beliau ke Wali Kota terpilih dan masuk tahun pertama. 

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota juga menjelaskan presentasi melalui slide. Pertama beliau menjelaskan perkembangan covid-19 di Kota Balikpapan dimana pada saat ini kasus terkonfirmasi positif semakin menurun dan landai, 11 rumah sakit yang ada di Kota Balikpapan mengalami penurunan pasien covid-19, dan jumlah kamar yang tersedia mulai longgar. Lalu tentang vaksinasi yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu, yang seharusnya ada 113 ribu sasaran vaksinasi terdiri dari petugas pelayanan publik dan lansia tetapi baru 20,8 persen yang sudah di vaksinasi dikarenakan stok vaksin yang belum tiba. Untuk itu beliau memohon pengertian masyarakat yang akan di vaksin. 

Wali Kota juga menjabarkan, bahwa dengan mengikuti intruksi dari Presiden RI Joko Widodo tentang PPKM Mikro nyatanya sangat berpengaruh dan efektif dilaksanakan di tingkat RT dan catatan terakhir tidak ada RT yang zonya oren atau merah. 1.252 RT masuk zona hijau dalam seminggu terakhir. Beliau juga mendapat usulan dari Ketua RT agar juga diberikan dukungan anggaran melalui BTT akan membantu RT sebesar Rp. 750.000,- dan dari dana refocusing Rp. 1.250.000,- sehingga RT akan mendapat anggaran bantuan operasional satgas Covid-19 RT sebesar Rp. 2.000.000,-.

Pada bidang pembangunan Kota Balikpapan, Wali Kota berharap Kepada Anggota DPRD Provinsi Kaltim Dapil Balikpapan agar dapat memperjuangkan program-program pembangunan yang ada di Kota Balikpapan, diantaranya adalah flyover di Muara Rapak juga akses jalan Pulau Balang di sisi Kota Balikpapan yang belum rampung.

Di akhir Musrenbang, dilaksanakan kesepakatan Musrenbang Kota Balikpapan Ketua DPRD Kota Balikpapan, Sekda Kota Balikpapan, Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Bappeda Litbang Kota Balikpapan, Kepala Kantor Perwakilan BI, Forum Anak Kota Balikpapan yang disasksikan langsung oleh Wali Kota Balikpapan. (Rey)

-

Foto : Humas dan Protokol Pemkot Balikpapan (Sub Bagian Dokumentasi Pimpinan)/Rey