..:: Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Balikpapan ::..

BALIKPAPAN RAIH BHUMANDALA AWARD

Saturday - 29 Oktober 2016 - Dibaca: 900 kali

Pada peringatan Hari Informasi Geospasial Tahun 2016 tanggal 17 Oktober yang mengambil tema “Badan Informasi Geospasial (BIG) Bangkit dan Terbarukan”, Kota Balikpapan menerima Bhumandala Award oleh Badan Informasi Geospasial yang diserahkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan / Ketua Bappenas di Kantor BIG, Cibinong – Bogor dan diterima oleh Walikota Balikpapan yang diwakili Kepala Bappeda Kota Balikpapan Ibu Ir. Nining Surtiningsih.

Bhumandala merupakan penghargaan yang diberikan Badan Informasi Geospasial (BIG) kepada kementerian/ lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan instansi yang telah mengembangkan simpul jaringan informasi geospasial dalam kerangka pembangunan. Pada penghargaan Bhumandala Award Terbaik I untuk Kategori Pemerintah Provinsi dengan urutan sebagai berikut:

  1. Provinsi Kalimantan Timur
  2. Provinsi DKI
  3. Provinsi Jawa Barat
  4. Provinsi Kalimantan Selatan
  5. Provinsi Nusa Tenggara Barat

Sedangkan untuk kategori Pemerintah Kota diberikan dengan urutan sebagai berikut:

  1. Pemerintah Kota Depok
  2. Pemerintah Kota Banda Aceh
  3. Pemerintah Kota Semarang
  4. Pemerintah Kota Bontang
  5. Pemerintah Kota Balikpapan

Kota Balikpapan dinilai peduli terhadap informasi geospasial dengan adanya peta dasar skala 1:1000 dan pembuatan sistem informasi tata ruang (SIMTARU) yang telah dikembangkan sejak tahun 2014.

Walikota Balikpapan melalui Kepala Bappeda Kota Balikpapan mengharapkan dengan adanya penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk dapat meningkatkan kinerja dalam pengembangan simpul jaringan informasi geospasial dalam rangka pembangunan Nasional serta mendukung pelaksanaan kebijakan Satu Peta. Selain itu juga diperlukan program pembuatan data spasial yang terintegrasi yang memiliki banyak manfaat antara lain untuk kegiatan investasi yang dapat mendorong kegiatan ekonomi serta mendorong pembangunan yang berkelanjutan yang salah satu pilarnya dalah Smart City.

Untuk terus mendorong integrasi data spasial dan mendukung Simpul Jaringan dan Kebijakan Satu Peta sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta (KSP), Bappeda Kota Balikpapan saat ini sedang mempelopori kebijakan Sistem Informasi Data Spasial (SITAS) sebagai sebuah alat untuk menintegrasikan data spasial di setiap SKPD Pemerintah Kota Balikpapan. Oleh karena itu diharapkan data yang ada di masing-masing SKPD akan mulai disediakan  menggunakan Geographic Information System (GIS).