..:: Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Balikpapan ::..

Audiensi Fasilitas PDF Untuk Proyek KPBU TPA Manggar

Thursday - 03 November 2022 - Dibaca: 28 kali

Wali Kota Balikpapan didamping oleh Kepala Bappeda Litbang, Sekretaris DLH, dan Staf Ahli Wali Kota menghadiri Audiensi Fasilitas PDF Untuk Proyek KPBU TPA Manggar pada Jumat, 2 September 2022 di Kantor Bersama KPBU Jakarta. Audiensi ini sebagai bentuk Asistensi Pra-PDF oleh Kementerian Keuangan RI kepada Pemerintah Kota Balikpapan sebelum pengajuan Permohonan Fasilitas PDF.
Audiensi dibuka oleh Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur, Kementerian Keuangan, Bpk. Brahmantyo Istidjoso yang bertujuan untuk menginisiasi komunikasi di antara pemangku kepentingan terkait proyek sehingga dapat terjalin hubungan yang baik dan koordinasi yang intensif di internal Pemerintah Kota Balikpapan dan juga lintas pemerintahan dalam upaya mewujudkan Proyek KPBU TPAS Manggar Kota Balikpapan.
Tujuan KPBU TPAS Manggar ini adalah untuk memperpanjang umur pakai TPAS Manggar hingga 15 tahun ke depan. Mengingat timbulan sampah berpotensi meningkat dari 555 Ton Per Hari pada tahun 2020 menjadi mencapai 1.062 Ton/hari (meningkat 91%) pada tahun 2043. Peningkatan timbulan sampah didorong oleh perkembangan kota dan pembangunan IKN. Landfill yang tersedia diperkirakan penuh pada tahun 2026, oleh karena itu diperlukan pemanfaatan teknologi modern yang berkelanjutan untuk mengurangi sampah yang masuk ke landfill dan secara simultan mendorong pengurangan sampah ke TPA pada tahun 2020 sebesar 22% menjadi 30% (sesuai target Jakstrada dan Jakstranas Persampahan).

Sumber Foto: Humas dan Protokol Setda Kota Balikpapan