..:: Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Balikpapan ::..

Pemerintah Kota Balikpapan menerima kunjungan dari Tim Capital Investment Planning (CIP) National Urban Development Project (NUDP) bersama Bina Bangda Kemendagri

Monday - 18 Juli 2022 - Dibaca: 85 kali

Selasa (12/07/2022) Pemerintah Kota Balikpapan menerima kunjungan dari Tim Capital Investment Planning (CIP) National Urban Development Project (NUDP) bersama Bina Bangda Kemendagri yang diterima oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kota Balikpapan, Murni di Kantor Bappeda Litbang Kota Balikpapan.

NUDP adalah pengembangan kelembagaan dan kebijakan perkotaan nasional, perencanaan terpadu untuk pembangunan perkotaan, pengembangan kapasitas manajemen keuangan kota, dan dukungan implementasi pelaksanaan proyek. Proyek NUDP dibiayai oleh Bank Dunia yang melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat selaku Executing Agency, Direktorat Pembangunan Daerah Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri selaku Project Management Unit (PMU).

Untuk tahap pertama NUDP, terpilih 5 (lima) kota pilot salah satunya Kota Balikpapan. Pemilihan kota tersebut dilakukan berdasarkan kriteria tertentu dan didukung dengan surat pemyataan minat dari pemerintah kota yang telah disampaikan kepada Central Project Management Unit (CPMU). Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan NUDP di kota pilot, PMU Ditjen Bina Pembangunan Daerah melakukan Audiensi ke Pemerintah Kota Balikpapan. Pemerintah Kota Balikpapan sedang membentuk tim koordinasi dan mempersiapkan mitra lokal yang dapat dibina oleh program NUDP bedasarkan persyaratan yang ditentukan,

Posisi CIP dalam proyek NUDP sebagai perangkat prioritisasi investasi dan pementauan. Tujuan adanya CIP adalah membangun platform kolaboratif untuk pembangunan infrastruktur perkotaan, meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam membangun infrastruktur, dan membangun infrastruktur yang berorientasi pada dampak ekonomi dan sosial serta pengurangan dampak lingkungan.