..:: Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Balikpapan ::..

Kunjungan Lapangan Tim Proyek Economic Innovation Partnership Program (EIPP) Indonesia-Korea

Friday - 03 Juni 2022 - Dibaca: 229 kali

 

Pemerintah Kota Balikpapan menerima kunjungan lapangan Proyek Economic Innovation Partnership Program (EIPP) Indonesia-Korea, Rabu (01/06/2022). Dua lokasi yang jadi tujuan adalah Waduk Teritip dan TPA Manggar. Proyek ini merupakan kerjasama kedua negara untuk Kota Balikpapan dan Kota Samarinda terkait Solid Waste Management and Water Supply Plan.

Proyek ini terdiri dari pengelolaan sampah dan penyediaan air untuk Kota Samarinda dan Kota Balikpapan. Kedua kota ini dipilih lantaran rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur, di mana Balikpapan dan Samarinda akan menjadi kota penyangga.

Kegiatan tinjauan lapangan dilanjutkan dengan rapat dan diskusi di Aula Bappeda Litbang Kota Balikpapan. Pihak-pihak yang terlibat yakni Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Enviroment Strategy Development Institute (ESDI), Kunhwa Engineering & Consulting Co., Korea Development Institute (KDI), serta Pemerintah Kota Balikpapan. Sesi diskusi terbagi kedalam dua grup, yakni Solid Waste dan Water Supply.

Kepala Bappeda Litbang Kota Balikpapan, Murni mengungkapkan, ini adalah salah satu kerjasama inovasi ekonomi Indonesia dengan Korea. Yakni Korea membantu melalui konsultasi dengan tenaga ahli mereka di dua sektor. Yakni pengelolaan sampah dan penyediaan air baku.

"Ini adalah upaya untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang harus dicapai di 2030. Pemerintah pusat memandang Balikpapan dan Samarinda sebagai kota yang butuh pendampingan untuk menyusun itu," ungkapnya.