..:: Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Balikpapan ::..

FGD (Focus Group Discussion) Kesiapan Kota Balikpapan Menjadi Beranda IKN (Ibu Kota Negara)

Tuesday - 24 Mei 2022 - Dibaca: 75 kali

FGD (Focus Group Discussion) Kesiapan Kota Balikpapan Menjadi Beranda IKN (Ibu Kota Negara) berlangsung di Hotel Grand Tjokro Balikpapan, pada hari Rabu 18 Mei 2022. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dosen Politeknik Balikpapan, Dinas Sosial, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Perhubungan, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan, Perwakilan Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan, Perwakilan PANGDAM IV MULAWARMAN, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Tata Kota dan Perumahan Pemerintah, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Badan Pusat Statistika, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan.

Beberapa topik yang menjadi titik fokus dalam kesiapan Kota Balikpapan Menjadi Beranda IKN berdasarkan hasil diskusi setiap peserta, diantaranya Smart City sebagai media promosi Kota Balikpapan dalam segi pariwisata guna meningkatkan perekonomian UMKM dan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Memberikan edukasi kepada masyarakat yang bekerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mengenai hak-hak anak salah satunya hak untuk bermain, menciptakan tempat bermain ramah anak dan kondusif sebagai penunjang Kota Layak Anak, smart ekonomi merupakan menjaga harga bahan pokok dengan melakukan kegiatan mananam tanaman dengan resiko inflansi tinggi di halaman rumah setiap penduduk. Saat ini Kota Balikpapan sedang melakukan uji coba membudidayakan lele dalam ember.