..:: Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Balikpapan ::..

MUSRENBANG RKPD Kota Balikpapan Tahun 2023

Saturday - 02 April 2022 - Dibaca: 155 kali

Pelaksanaan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kota Balikpapan Tahun 2023 dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud,  Wakil Ketua I DPRD Kota Balikpapan Budiono, Anggota DPRD Provinsi Kaltim, Forkopimda Kota Balikpapan, Anggota DPRD Kota Balikpapan, Sekretaris Bappeda Provinsi Kaltim, Pejabat di Lingkungan Pemkot Balikpapan, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Perusda, Perusahaan dan Perbankan Se-Kota Balikpapan, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Para Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama, Tokoh Wanita dan Tokoh Pemuda yang bertempat di Auditorium Balai Kota Balikpapan (31/3). Rangkaian acara dalam Musrenbang ini meliputi Pelantikan Forum Anak Kota Balikpapan, Laporan Bappeda Litbang oleh Ibu Murni, Paparan rancangan RKPD Kota Balikpapan Tahun 2023 oleh Wali Kota Balikpapan, Penyampaian pokok-pokok pikiran dan tanggapan terhadap Rancangan RKPD Kota Balikpapan tahun 2023 oleh Bapak Budiono, Prioritas Pembangunan Nasional dan Arahan terkait Prioritas Pembangunan Daerah Tahun 2023 oleh Bapak Mohammad Roudo, ST, MPP, Ph.D. Tanggapan Kepala Bappeda Provinsi terkait Pemaparan Rancangan RKPD Tahun 2023 dalam kerangka Arah dan kebijakan pembangunan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 oleh Ibu Charmarijaty, dan Paparan Kepala Perwakilan Kantor BI Balikpapan terkait Gambaran kondisi dan Prospek Ekonomi Kota Balikpapan tahun 2023 oleh Bapak R. Bambang Setyo Prambudi.

RKPD Kota Balikpapan Tahun 2023 mengambil Tema "Peningkatan Kualitas SDM dan Pemerataan Akses Layanan Dasar Berkualitas untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi". Berdasarkan tema tersebut, maka disusunlah 4 (empat) Fokus Pembangunan Kota yakni Peningkatan Penyelenggaraan Tata Pemerintahan yang Baik, Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia yang Berkualitas dan Berdaya Saing, Pengembangan Infrastruktur Dasar dan Kualitas Lingkungan Perkotaan, dan Penguatan Ekonomi Daerah melalui Peningkatan Investasi dan Pemberdayaan Ekonomi Mayarakat.

Untuk mencapai Visi dan Misi RPJMD Kota Balikpapan Tahun 2021-2026, maka kegiatan Prioritas Tahun 2023 adalah Pembangunan unit sekolah terpadu jenjang SD-SMP di Kecamatan Balikpapan Selatan, Lanjutan pembangunan rumah sakit di Kecamatan Balikpapan Barat, Lanjutan penanggulangan banjir - DAS Ampal, Lanjutan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Teritip dan pembebasan lahan Embung Aji Raden, Penataan jalam MT.Haryono serta rumah terbuka hijau kota, dan Peningkatan sarana prasarana dan event pariwisata serta ekonomi kreatif serta penyelenggaraan Alki II Investment Forum.

Selain program prioritas, Pemerintah Kota Balikpapan juga akan tetap melanjutkan program prioritas yang sudah berjalan seperti Lanjutan pembangunan SD – SMP di Kelurahan Graha Indah Kecamatan Balikpapan Utara, Seragam sekolah bagi siswa kelas 1 (satu) sekolah dasar dan kelas 7 (tujuh) sekolah menengah pertama baik sekolah negeri maupun swasta, Subsidi SPP pendidikan sekolah swasta jenjang SD dan SMP dengan dana subsidi sebesar Rp. 75 ribu per siswa untuk jenjang SD, dan Rp. 110 ribu per siswa untuk jenjang SMP, dan Subsidi iuran BPJS bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan peserta bukan pekerja sebanyak 195 ribu jiwa.

Di akhir Musrenbang, dilaksanakan kesepakatan Musrenbang Kota Balikpapan oleh DPRD Kota Balikpapan, DPRD Provinsi Kaltim, Pemerintah Kota balikpapan, Bappeda Provinsi Kaltim, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, PKK, Bappeda Litbang Kota Balikpapan, DPD LPM Kota Balikpapan, ITK dan Forum Anak yang disaksikan langsung oleh Wali Kota Balikpapan.